Be The First Of the Best...!!!!

UPK Sekolah ( Membangun Jaringan Komputer Sederhana )

Share on :

Hai Sobat IGD Blogger..Disini Saya Sebagai Admin akan memberikan pengalaman saya serta konfigurasi Debian Server dalam Membuat Sebuah Jaringan Komputer pada saata Saya UPK ( Ujian Praktik Kejuruan ). Untuk Menghemat waktu anda membaca silahkan langsung ke Intinya saja....


Bahan yang dibutuhkan Untuk UPK Jurusan Saya yaitu :
-          2 PC lengkap, 1 PC ditambah NIC-nya 1.
-          Kabel konektor UTP
-          Konektor RJ45
-          Cable Tester
-          Tang Krimping
-          Sebuah Switch
-          2 buah CD yang berisi Master Windows XP dan Driver NIC dan yang lainnya, juga 1 DVD yang berisi Debian 5.0

Setelah semua tersedia,mulailah dengan penginstallan kedua PC secara bersamaan, berikut langkah 
yang saya lakukan untuk mengefektifkan waktu:
1.       Jika kedua PC sudah di cek dan dihidupkan, masuklah ke BIOS, setting “First Boot-nya” ke CD/DVD ROM.
2.       Masukkan Master Windows XP dan Debian 5.0 ke masing-masing PC, pastikan driver NIC untuk PC Debiannya sudah terinstall.
3.       Ikuti langkah-langkah penginstallannya, tentu saja kalian sudah bisa menginstalnya kan?, oke, manfaatkan waktu sempit seperti saat “Loading” digunakan untuk membuat kabelnya, urutan untuk kabel Straight adalah kedua ujungnya sama, yaitu (Putih Oranye-Oranye, Putih Hijau-Biru, Putih Biru-Hijau, Putih Coklat-Coklat), buatlah 2 kabel, yang akan dihubungkan dari PC 1 ke Switch dan dari PC 2 ke Switch.
4.       Setelah PC Server terinstall Debian, dan yang PC Client terinstal Windows, kini sampailah kita di “Pengkonfigurasian”, jangan lupa install driver NIC nya untuk Windows ya.
5.       Di PC Client, setting IP Addressnya dengan IP yang berbeda dari IPDebian (termasuk ns, mail, dan web nya), lalu isikan netmask, gateway, dan DNS nya.
6.       Di PC Server, setting seperti ini:
               Konfigurasi DNS, Web, Serta Mail.
Jika Belum Tahu Konfigurasinya anda bisa lihat sendiri di Blog ini, dan cari apa yang anda butuhkan..
7.       Setelah semua (nslookup, mail, dan web)  bisa di cek di Server, sekarang saatnya menggabungkan 2 PC tersebut, hubungkan kabel 1 dari PC Server ke Switch dan kabel 2 dari PC Client ke switch, jangan lupa power switchnya harus “ON”.
8.       Selesai, anda tinggal mengecek di Client hasil konfigurasi yang telah Anda buat dengan mengetikkan domain di address bar web browser Anda.

Sekian Postingan saya mengenai Konfigurasi Debian Server dalam membuat sebuah Jaringan komputer Sederhana..Semoga bermanfaat...

Ditulis Oleh : Khoerul Warisin

Artikel UPK Sekolah ( Membangun Jaringan Komputer Sederhana ) ini ditulis oleh Khoerul Warisin . Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang UPK Sekolah ( Membangun Jaringan Komputer Sederhana ) dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

1 komentar:

aku. mengatakan... 23 April 2013 03.05

terimakasih mas jadi ingin membuat jaringan

► ► SILAHKAN COMMENT DI BLOG DOFOLLOW INI ◄ ◄

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 


BLOG DOFOLLOW